• Beranda
  • PENYULUHAN DAN PELATIHAN AGROFORESTRY BERBASIS TANAMAN AREN OLEH TIM DOSEN FAKULTAS KEUHUTANAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING DI JALAN SEPAKAT KELURAHAN OKURA
PENYULUHAN DAN PELATIHAN AGROFORESTRY BERBASIS TANAMAN AREN OLEH TIM DOSEN FAKULTAS KEUHUTANAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING DI JALAN SEPAKAT KELURAHAN OKURA

Jumat,11 September 2020

Dalam rangka meningkatkan daya guna lahan yang masih dibiarkan terlantar pada Sebagian Kawasan di Kelurahan Okura Kota Pekanbaru, khususnya yang berada di sekitar Jalan Sepakat, maka tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning  yang terdiri dari Eni Suhesti, S.Hut.,M.Si., Hadinoto, S.Hut., M.Si dan Dr. Eno Suwarno, M.Si. mengadakan penyuluhan dan pelatihan kegiatan pengelolaan lahan dengan pola agroforestry berbasis tanaman aren (Arenga pinnata).

Pemanfaatan lahan dengan pola agroforestry sangat cocok untuk diterapkan dalam rangka konservasi tanah dan air dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.  Agroforestry merupakan system penggunaan lahan yang mengkombinasikan pepohonan/ tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian pada waktu yang sama sehingga akan mendapatkan keuntungan yang lebih baik dari segi ekonomi maupun ekologis.

  Dalam kegitan pengabdian kepada masyarakat ini, tim dosen Fakultas Kehutanan tersebut juga memberikan bantuan benih beberapa tanaman palawija, antara lain pare, gambas dan kacang panjang serta bibit tanaman aren unggul dari biji yang berasal dari Bengkulu.

Mengingat situasi saat ini belum memungkinkan untuk berinteraksi secara normal karena pandemi covid 19 masih berlangsung, maka kegiatan sosialisasi tentang agroforestry berbasis tanaman aren dan juga pelatihan tata cara budidaya aren dilakukan dengan menggunakan video tutorial dan materi secara tertulis yang dikirimkan menggunakan media sosial kepada mitra pengabdian ini, yaitu para petani yang menggarap lahan di Jalan Sepakat, Kelurahan Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Hasil dari kegitan mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah memahami keuntungan pengelolaan lahan dengan system agroforestry berbasis tanaman aren dan juga telah menguasai cara budidaya aren yang baik.  Saat ini bibit aren yang diberikan oleh tim Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning telah ditanam oleh mereka.  Berikut ini foto kegiatan penyerahan bibit aren dan benih tanaman palawija oleh tim pengabdian kepada masyarakat kepada mitra.