• Beranda
  • Praktikum Mahasiswa Fakultas Kehutanan UNILAK ke PT. PSPI Lipat Kain Kabupaten Kampar, Provinsi Riau
Praktikum Mahasiswa Fakultas Kehutanan UNILAK ke PT. PSPI Lipat Kain Kabupaten Kampar, Provinsi Riau

Sabtu,28 Mei 2016

Pekanbaru (26/05/2016) sebanyak 50 mahasiswa Fakultas Kehutanan UNILAK mengunjungi lokasi PT. Perawang Sukses Perkasa Industries (PSPI) distrik Lipat Kain, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiwa dapat mengetahui proses penyiapan bahan baku kertas di lapangan, terutama pada proses pemanenan kayu (timber harvesting) yang dilakukan oleh PT. PSPI. Adapun kegiatan yang diamati di lapangan antara lain: a) Penebangan pohon dan pembagian batang, b) penyaradan kayu, c) muat dan bongkar kayu ke truk pengangkut, d) Pengangkutan Kayu dan e) Tata Usaha  Kayu.

Menurut salah satu staf General Affairs PT. PSPI bapak Dodi Asmara mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan suatu hal yang baik dalam melakukan sharing pengalaman dan pengetahuan bagi perusahaan maupun bagi mahasiswa kehutanan terutama bidang pemananenan hasil hutan kayu di Hutan tanaman Industri.

Sedangkan Dosen Fakultas Kehutanan Ir. Emy Sadjati, M.Si selaku  pendamping kegiatan praktek lapangan tersebut menyatakan bahwa kegiatan kunjungan mahasiswa ke PT PSPI Kain Lipat Kabupaten Kampar, Provinsi Riau bertujuan untuk melihat secara langsung praktek-praktek pemanenan hasil hutan kayu sebagai bahan baku industri kertas dan mempelajari pengelolaan HTI secara umum dengan harapan mahasiswa mampu membandingkan antara praktek dan teori yang diperoleh di bangku kuliah. (ES)