STATISTIK /FAHUTAN Unilak
  • Dikunjungi oleh : 101426 user
  • IP address : 23.20.166.68
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
  • Beranda
  • Selamat datang di Website Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning
PRAKTEK PENGELOLAAN HUTAN LESTARI

A. Latar Belakang

Peningkatan Kualitas calon Sarjana kehutanan akan Senantiasa sejalan dengan meningkatnyapemahaman mahasiswa terhadap berbagai teori kehutanan yang telah didapatkan di bangku kuliah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk itu adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengamati, menganalisa dan mempraktekkan secara langsung kegiatan pengelolaan hutan di lapangan.

Pengelolaan hutan pendidikan dilakukan oleh perguruan tinggi bidang kehutanan, salah satunya adalah pengelolaan Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPGW) oleh Fakultas Kehutanan IPB. Luas HPGW adalah 359 ha, dimana tegakan yang terdiri dari hutan damar (Agathis loranthifolia), pinus (Pinus merkusii), puspa (Schima walichii), hutan campuran dan pengembangan pola agroforestry, melalui program hutan kemasyarakatan.

Guna melengkapi keperluan materi praktikum mahasiswa, pengelola HPGW melakukan kerjasama dengan Perum Perhutani untuk pengelolaan hutan jati. Untuk industrikehutanan, berkerjasama dengan beberapa industri yang berada di sekitar Cibadak. Adapun untuk materi pengelolaan kawasan konservasi, akan dilakukan kunjungan ke Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Berdasarkan haltersebut, dalam rangka peningkatan pemahaman calon sarjana kehutanan terhadap teori dan permasalahan kehutanan secara menyeluruh, serta untuk memperluas wawasan berpikir mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning, maka kepada mahasiswa diwajibkan melaksanakan Praktek Pengelolaan Hutan Lestari (PPHL) di Hutan Pendidikan Gunung Walat (HPWG). Selama mengikuti PPHL mahasiswa diharapkan mendapatkanpengalaman dalam proses pengambilan kesimpulan atau pemecahan masalah di lapangan secara ilmiah dan objektif sebagai bekal menghadapi dunia kerja yang sebenarnya.

B. Tujuan

Mengenal dan memahami kegiatan pengelolaan hutan seperti inventaris hutan, pembinaan hutan, pemanfaatan hutan, industri hasil hutan, perlindungan dan konservasi sumber daya hutan.

Meningkatkan kemampuan dalam mengambil kesimpulan / keputusan secara ilmiah terhadap permasalahan yang terdapat di lapangan berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku.

Menumbuhkan etos kerja didalam lingkungan kehutanan dan kehidupan rimbawan.

C. Status

Kegiatan PPHL di HPWG ini bersifat intrakulikuler yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa program sarjana (S-1) pada Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning yang telah menyelesaikan kuliah semester VI dengan bobot 3 SKS. Lama Efektif Praktek di lapangan adalah 2 minggu.

D. Lokasi

Tahun 2012 di KPH CEPU

Tahun 2013 di KPH CEPU

Tahun 2014 di KPH CEPU

Tahun 2015 di HPGW SUKABUMI

Tahun 2016 di HPGW SUKABUMI