post-image

SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru Praktek Lapangan di Arboretum Unilak

Unilak Pekanbaru-Sekolah SMA IT Imam Syafii 2 Pekanbaru melakukan kunjungan praktek lapangan ke Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak),Selasa/04/1/2022.

Kunjungan para siswa ini terbagi dalam 11 kelompok dengan total siswa lebih dari 90 orang terdiri dari kelas 10-12. Dan guru pendamping sebanyak 11 orang. Rombongan siswa dan guru dilepas oleh Kepala Sekolah yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta. Dengan menggunakan 4 kendaraan roda empat dan bus, sekolah berbasis agama islam ini tiba di Unilak sekitar jam 9 pagi, dan disambut ramah oleh Wakil Dekan III Kehutanan Dodi Sukma RA. S.Hut. M.Si, Koordinator Unilak Super Motivasi Team (UST) Muhammad Akmal Nasri SH Mh, pegawai dan beberapa mahasiswa

Kunjungan praktek lapangan dilakukan di Arboretum Unilak, sebelum memasuki hutan lindung yang berada di lingkungan Unilak, para siswa  mendapatkan penjelasan apa saja yang harus di perhatikan saat memasuki hutan. Arboretum Unilak memiliki luas lebih dari 9Ha, ribuan tanaman dan tumbuhan hidup subur dan terjaga ekosistemnya. Diantaranya pohon trembesu, kulim, pahang, Djati, Gaharu, dll. 

Menurut Kepala Sekolah Gino Gumara. S.S tujuan praktek lapangan ini dalam rangka untuk ; Mengidentifikasi jenis tumbuhan dan hewan yang ada di kawasan arboretum; Membuat rantai makanan dan jarin-jaring makanan yang terjadi di lokasi; Mengukur pH tanah dan air; Mengitung masa jenis air; Menghitung lingkaran pohon; Memilih jenis-jenis daun / tumbuhan untuk bahan ecoprint; Membuat produk ecoprint.

Sementara itu Dodi S.Hut,M,Si mengucapkan selamat datang kepada rombongan siswa SMA IT Imam Syafii 2. Arboretum Unilak sering menjadi tempat kunjungan sekolah sekolah yang ada di Pekanbaru, baik untuk praktek lapangan, lintas alam, maupun untuk kegiatan pramuka. Tahun ini terjadi peningkatan kunjungan sekolah ke arboretum Unilak. 

" Kita berharap dengan kunjungan siswa ini mereka memiliki kepekaan tinggi bagaimana untuk turut terlibat menjaga lingkungan/khusus kepedulian kepada hutan, menjaga hutan dengna baik, dan mengetahui manfaat dari arobretum. Hutan yang terjaga dengan baik dapat menghasilkan oksigen/udara bersih yang dihirup oleh manusia," ujar Dodi yang sedang menempuh pendidikan S3.