post-image

Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Fadiksi Unilak: Penerapan Reduce System Untuk Pelestarian Lingkungan Sungai Pada PAUD Sekitar Sungai Siak Kota Pekanbaru

Fadiksi Unilak - Dosen Fakultas Pendidikan dan Vokasi Universitas Lancang Kuning bekerjasama dengan Himpaudi Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Penerapan Reduce System Untuk Pelestarian Lingkungan Sungai Pada PAUD Sekitar Sungai Siak Kota Pekanbaru" yang diadakan pada 20 Juli 2022 di Himpaudi Kecamatan Rumbai. PKM ini diketuai oleh Ibu Yesi Novitasari, M.Pd. yang didukung penuh oleh Tim Pengabdian yakni Ibu Siti Fadillah, M.Pd. dan Ibu Destina Kasriyati, M.Pd.

Acara di hadiri oleh Ibu Misra HAirani, S.Pd selaku Ketua Himpaudi dan guru/pengelola PAUD Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru.  Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat bagi guru dan pengelola. Karena materi yang diberikan sangat dekat dengan keseharian guru/pengelola dan anak.

Tim Pengabdian memberikan motivasi tentang pentingnya pelestarian lingkungan sekolah disekitar sungai Siak Kota Pekanbaru, selanjutnya mengenai pengelolaan sampah sekolah dengan metode reduce system. Sehingga dapat mengurangi jumlah sampah sekolah bahkan lebih baik lagi jika anak terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan mencegah menumpuknya sampah di lingkunagan sekolah sekitar sungai.

 

Tim Pengabdian juga memberikan praktik sederhana tentang penyusunan program pengelolaan “sampah” sekolah dengan mereduce dan melibatkan anak dan orangtua sekaligus. Sebagaimana Ibu Misra menjelaskan “kegiatan ini bermanfaat karena guru juga dibekali bagaimana menerapkan reduce system pada kegiatan belajar dan mengajar di lingkungan sekolah sekitar sungai Siak Kota Pekanbaru. Lebih jauh tentu akan berpengaruh baik pula pada perkembangan anak dan sekolah itu sendiri”.

 

Semoga dengan diadakannya acara ini, guru/pengelola dapat lebih memahami tentang pentingnya menjaga pelestarian lingkungan sekolah sekitar sungai. Salam semangat untuk kita semua.